Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune by mail

Foto: Satu dari lima rumah di Kampung Bugis, Mataram, yang ambruk diterjang ombak pasang.

Mahbub Karumbu-Mataram, Stasiun Meteorologi Selaparang Mataram, Nusa Tenggara Barat, memperkirakan cuaca buruk masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Karena itu seluruh aktivitas pelayaran dan penerbangan serta daerah rawan banjir diminta meningkatkan kewaspadaan.

Menurut Kasi Observasi dan Informasi Stamet Selaparang Mataram, Catur Winarti, dari foto satelit udara terlihat adanya pertumbuhan awan hujan dalam dua atau tiga hari ke depan sehingga berpotensi memicu terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi ini, kata Winarti, diperkirakan akan terus terjadi hingga puncak musim penghujan pada bulan Februari mendatang.
Yang perlu diwaspadai, kata Winarti, adalah terjadinya hujan disertai angin kencang yang dapat memicu peningkatan tinggi gelombang. Terlebih lagi pada tanggal 10 hingga 14 Januari ini terjadi periode gelombang pasang sekitar 2,5 meter sampai 3 meter sehingga kegiatan pelayaran harus berhati-hati, sementara cuaca buruk pun mengganggu aktivitas penerbangan karena kecepatan angin cukup tinggi yakni berkisar antara 15 knot sampai 25 knot.
Cuaca buruk yang tejradi sejak Jumat malam lalu menyebabkan pihak Bandara Selaparang melakukan status buka-tutup bandara seperti yang terjadi pada Sabtu sore selama 1,5 jam.
Sementara itu hujan deras sejak Sabtu dinihari hingga Minggu pagi tadi menyebabkan ratusan rumah warga di Kota Mataram terendam air hingga 3 meter. Sedangkan di Kabupaten Lombok barat, pihak Posko Bencana Banjir setempat menyebutkan sekitar 10 ribu kepala keluarga atau lebih dari 90 ribu jiwa menjadi korban banjir, selain dari dua orang yang ditemukan tewas. (mbu)

www.elshinta.com
Label: | edit post
1 Response
  1. Anonim Says:

    saya senang membaca berita ini, sangat simpel dan cepat saya mengerti padahal menulis berita seperti ini tentu tidak mudah karena narasumber pasti banyak memberikan data, menurunut data itulah yang sangat sulit menurut saya, anda layak menjadi wartawan hebat suatu saat karena sekarang anda masih sangat muda. salam


Posting Komentar

Boleh komentar apa aja asalkan sesuai nilai-nilai agama dan Pancasila