Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune by mail

Mahbub Karumbu - Mataram, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Nusa Tenggara Barat menutup semua jalur pendakian hingga 31 Maret 2009 karena cuaca buruk.

Sebanyak empat jalur resmi pendakian Gunung Rinjani, masing-masing jalur Senaru, Sembalun, Torean dan Temenu sudah ditutup sejak 2 Januari lalu.

Kepala Balai TNGR, Aris Toengkagie kepada ELSHINTA, Jumat (13/2) siang ini mengatakan, Balai TNGR menyiagakan masing-masing tujuh petugas di setiap pos selama 24 jam dan melakukan patroli di semua jalur resmi, terutama juga di jalur-jalur tikus atau jalur tidak resmi untuk menjaga kemungkinan adanya pendaki yang nekat mendaki ke puncak ataupun hanya sampai di Danau Segar Anak yang terdapat di punggung Rinjani.

Sejauh ini baru satu orang wisatawan mancanegara asal Kanada yang berhasil dicegah untuk melakukan pendakian.

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dengan ketinggian 3.726 mdpl, serta kawasan wisata alam Taman Nasional Gunung Rinjani seluas 41.330 hektare yang amat diminati wisatawan mancanegara.

Tahun 2008 lalu tercatat sebanyak 6.505 wisatawan asing datang berkunjung, atau mengalami kenaikan 44 persen dibandingkan tahun 2007 sebanyak 4.500 wisatawan asing.

Sedangkan wisatawan lokal yang berkunjung pada tahun 2008 lalu sebanyak 3.000-an orang, menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak 4.000-an orang. Puncak kunjungan wisatawan biasanya terjadi pada sekitar Juli hingga September.
www.elshinta.com
0 Responses

Posting Komentar

Boleh komentar apa aja asalkan sesuai nilai-nilai agama dan Pancasila